Selamat Datang ...

Cerita Gopek menyuguhkan fiksi mini (flash fiction) karya Mardiana Kappara yang mengandung tidak lebih dari 500 kata pada tiap cerita.


Minggu, 27 Maret 2011

Email dari Cinderella

Apakah di surga ada siang atau malam, Ibu? Sebab Cinderella bingung harus memulai dengan kata “Selamat Pagi, Siang, atau Malam.”

Tapi tak mengapa lah. Cinderella hanya ingin menyampaikan pada Ibu kalau hari ini Cinderella genap 10 tahun. Cinderella bahagia, Ibu. Walaupun Mama tiri terkadang kejam pada Cinderella karena selalu menyuruh Cinderella membersihkan halaman rumahnya yang luas itu, belum lagi mencuci, menyetrika, dan memasak.

Tangan Cinderella jadi luka-luka, Ibu. Ada luka karena pisau dapur, percikan minyak goreng panas, ujung setrika karena Cinderella kurang pandai memakainya, belum lagi bekas cubitan kedua kakak gendut dan kurus itu. Huh, sungguh menyebalkan! Rasanya Cinderella ingin marah tapi Cinderella takut.
Cinderella rindu Ibu. Hanya Ibu yang menyayangi Cinderella. Cinderella bosan di rumah. Cinderella ingin sekolah lagi. Semenjak Ibu ke surga, Mama tiri selalu melarang ke sekolah. Padahal Cinderella sudah lama bisa membaca dan berhitung. Bahkan kali-kalian sudah Cinderella hafal sampai kalian 10.

Sekarang, Cinderella juga telah pandai mengarang. Kalau Ibu tidak percaya bacalah surat-surat Cinderella. Semua ditulis tangan Cinderella sendiri tanpa dibantu siapapun, Cinderella diam-diam membuatnya. Awalnya Cinderella tulis saja di kertas dengan pensil. Lalu teman tikus Cinderella memberitahukan bahwa di negeri manusia terdapat sebuah kotak ajaib bernama internet. Kotak itu bisa mengirimkan berbagai kabar berita ke seluruh dunia dalam sekejap mata, bisa dibaca oleh jutaan orang bahkan yang tidak kita kenal dan tidak kita ketahui alamatnya sekalipun.  

Tiba-tiba Cinderella berpikir, kenapa tidak dicoba saja mengirimkan surat kepada Ibu di surga melalui internet? Mana tahu bisa sampai kepada ibu dan ibu kirimkan balasannya kembali pada Cinderella. 

Dan, ketika Bibi Peri datang berkunjung untuk mengucapkan selamat ulang tahun, tanpa banyak pikir Cinderella langsung minta dihadiahkan internet saja. ^_^

Bibi Peri tampaknya bingung dengan permintaan Cinderella. Kemudian Cinderella sampaikan keinginan Cinderella untuk mengirimkan surat kepada Ibu di surga. Bibi Peri tersenyum dan berpikir sejenak. Lalu dengan tongkat ajaibnya “Sim salabim!” Kotak ajaib itu muncul di hadapan Cinderella. Sungguh menakjubkan!

Bibi Peri mengatakan kotak ajaib itu adalah komputer. Sementara internet itu semacam saluran yang akan menghubungkan komputer kita dengan komputer-komputer lain dari seluruh dunia. Cinderella berdecak kagum, Ibu. Sungguh luar biasa negeri manusia!

Kata Bibi Peri, di negeri manusia banyak sekali orang pintar dan hebat bahkan mungkin melebihi kehebatan Bibi Peri, rahasianya adalah karena manusia sangat rajin belajar dan berkarya. Karena itu manusia selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa, tidak seperti negeri dongeng yang selalu seperti itu dari abad ke abad. Mendengar penjelasan Bibi Peri, Cinderella jadi semakin semangat untuk sekolah, Ibu.    

Singkat cerita, dengan bantuan Bibi Peri, Cinderella mengirimkan surat kepada Ibu melalui internet. Semoga saja Ibu menerimanya! Itu doa Cinderella ketika itu.

Seminggu kemudian ketika Cinderella mengecek kotak ajaib itu, tidak ada balasan dari Ibu. Tetapi ajaibnya, banyak sekali balasan dari orang-orang tak dikenal yang menghibur dan memberikan semangat buat Cinderella.

Cinderella jadi terharu, Ibu. Kotak ajaib bernama internet itu telah mengirimkan banyak sekali sahabat untuk menggantikan Ibu di surga. Sekarang, Cinderella tidak sedih lagi. Cinderella sudah punya banyak sahabat yang berasal dari berbagai negara dari segala penjuru dunia.

Dan yang lebih ajaib. Berkat internet, seorang sahabat mengirimkan utusannya ke negeri dongeng untuk menemui Mama tiri. Utusan itu menyuruh Mama tiri agar tidak lagi menyiksa Cinderella dan segera menyekolahkan Cinderella kembali, kalau tidak akan dimasukkan penjara istana.

Mama tiri sangat ketakutan mendengar ancaman dari utusan sahabat Cinderella tersebut. Setelah itu, esok harinya Cinderella langsung dikirim lagi ke sekolah tempat kakak-kakak tiri menimba ilmu. Sekarang, Cinderella juga sudah sekolah, Ibu. Cinderella akan belajar yang rajin, biar bisa pintar seperti sahabat-sahabat Cinderella di negeri manusia.

Kabar gembira lainnya, sekarang mama tiri tidak lagi kasar kepada Cinderella. Mama sangat baik dengan Cinderella apalagi Cinderella tetap rajin membantu sepulang dari sekolah. Kakak-kakak tiri juga sayang dengan Cinderella, karena Cinderella selalu menolong mereka mengerjakan PR dari sekolah. ^_^

(selesai)

Catatan:
e-mail: (Electronic Mail) Surat yang dikirim melalui internet.





4 comments:

purnomosidhi mengatakan...

Wah cinderela jaman sekarang .. maen email :-)

Mardiana Kappara mengatakan...

@purnomosidhi: iya, cinderella nya udh kebawa arus globalisasi ^_^

yasinta ika mengatakan...

Cindella gaul...maen internet, jangan salah gaul di dunia maya ya cind...:D

Happy writing sist...

Mardiana Kappara mengatakan...

@yasinta ika: ma kasih sist. cinderella akan hati-hati ^_^

Posting Komentar